Selasa, 19 November 2013

Keajaiban pulau komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.
pulau komodo merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia
Komodo adalah hewan asli Kepulauan Flores, Nusa Tenggara. Pulau yang paling banyak ditempati komodo ini diberi nama sesuai dengan nama hewan ini saat ditemukan pada 1910, yakni Pulau Komodo (Komodo Island).Di Pulau Komodo terdapat kadal terbesar di dunia, yaitu biawak Komodo (Varanus komodoensis). Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba Dinosaurus yang masih hidup. panjang komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 140 kg.
Kadal-kadal raksasa ini termasuk hewan yang nyaris punah dengan jumlah populasi di alam liar kurang dari 4.000 ekor. Untuk melindungi komodo, pada 1980 disepakati untuk membentuk kawasan konservasi dalam bentuk Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

.


selain terkenal dengan komodo nya , pulau komodo juga memiliki sebuah pantai yang sangat indah dan sangat wajib untuk dikunjungi .
Pink Beach
Kalau biasanya kita bermain di pantai yang berpasir cokelat atau putih, kali ini kita akan menemukan pantai dengan pasir berwarna pink! Hanya ada 7 buah pantai berpasir pink di dunia ini,salah satunya di Pulau Komodo. Pasir pink ini bukan buatan lho, tapi alami karena berasal dari adanya serpihan kerang , cangkang kerang, juga kalsium karbonat dari invertebrata laut yang kecil dan foraminifera, amuba mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna pink cerah , hewan laut inilah yang menyebabkan pantai ini terlihat sangat indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar